TUGAS termodinamika
Jurnal
Perkuliahan
OLEH :
NAMA : FADHOALINNAS
NIM :
10-241-075
KELAS :
III B
JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) MATARAM
2010
CERITA KULIAH PERTEMUAN KE-I
Hari /tanggal : senin, 24 oktober 2011
Jam : pukul 09.00
Tempat : GC 4.17
Pertemuan pertama ini mahasiswa maupun dosen saling memperkenalkan diri
dan setelah itu dosen memberikan tentang model pengajaran yaitu model pembelajaran project based learning with jigsaw yaitu pembelajaran diskusi
kelompok, dosen juga memberikan materi tentang pengantar yang berhubungan
dengan termodinamika, dimana dosen tidak memberikan lansung materi inti dari
termodinamika, guna untuk mempermudah atau dapat di pahami oleh mahasiswa dan
dosen memberikan umpan balik atau bertanya kembali kepada mahasiswa ,agar dosen
dapat mengetahui apakah mahasiswanya sudah mengerti apa yang telah dia bahas
tadinya
Pada pertemuan ini juga dosen memberikan judul-judul laporan kepada
mahasiswa
Adapun judul-judulnya yaitu
- kesetimbangan termal/hukum nol termodinamika suhu
dan temperatur
- gas ideal, monoatomik dan diatomik
- hukum I termodinamika
- siklus carnot
- hukum II termodinamika
- siklus mesin
setelah itu dosen menjelaskan secara singkat mengenai judul-judul laporan
yang dosen berikan tadi, setelah itu dosen memberikan tata cara menyusun
laporan. Adapun yang dijelaskan oleh dosen yaitu harus ada konsep,definisi,
prinsip,hukum dan teorinya.
Dan adapun kerangka penyusunan
laporan yaitu:
- rumusan –rumusan masalah
- rumusan tindakan
- melakukan observasi atau eksperiment
- hasil kerja proyek
- pengembangan atau kajian lanjutan
setelah itu dosen membagikan
kelompok laporan dan banyaknya kelompok sebanyak 6 kelompok sesuai dengan
banyaknya judul yang telah diberikan, dan banyaknya masing-masing kelompok
sebanyak 6 sampai 7 orang, setelah itu dosen pun mengakhiri perkuliahan.
CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE II
Hari/tanggal : Senin, 31 oktober 2011
Jam :09.00
Tempat :GC 4.16
Pada pertemuan ini mahasiswa disuruh untuk diskusi mengenai laporan yang
telah dibuat atau di susun oleh masing-masing kelompok dan diskusi luar kelas
dan dalam kelas berbeda, yang dimana diskusi luar kelas berpisah untuk mewakili
kelompok diskusi dalam kelas dan diskusi dalam kelas ini terdapat 6 judul
laporan, setelah itu kita membahas masing-masing laporan yang telah di buat
pada kelompok diskusi dalam kelas, guna untuk memahami atau mengetahui isi
laporan yang telah dibuat dari kelompok luar kelas yang lain.
Setelah melakukan diskusi ini kita
memberikan penilaian kepada teman diskusi.
Adapun prosedur yang di nilai yaitu:
- penguasaan materi
- metode observasi
- relation (observasi-konsep)
- kekayaan konsep
- penyampaian materi
- menjawab masalah
- membuat kesimpulan
- organisir kelompok
- kesalahan konsep
- terbuka
setelah memberikan penilaian, maka hasil penilaian kita terhadap teman
diskusi diberikan kepada dosen untuk di periksa oleh dosen lagi, dan perkuliahan pun di akhiri.
CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-III
Hari/tanggal : Senin,7 November 2011
Jam :
09.00
Tempat : GC 4.16
Pada pertemuan ini dosen menyampaikan materi suhu dan kalor, adapun
materi yang di sampaikan mengenai termometer dan dosen pun membahas macam-macam
termometer, skala termometer meliputi suhu terendah sampai suhu tertinggi dari
masing-masing termometer dan dosen juga membahas mengenai grafik kalor , grafik
suhu dan perubahan wujud suatu benda , setelah itu dosen memberikan tugas rumah
dan tugas yang dikumpulkan sekarang, yang dimana tugas rumah ini adalah membuat
makalah tentang kalor jenis , kalor laten dan kapasitas kalor ,tugas ini di
berikan kepada kelompok dalam kelas yang di wakili oleh satu orang dan setelah itu dosen mengakhiri perkuliahan.
CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-IV
Hari/tanggal : Senin,28 november 2011
Jam :
090.00
Tempat : GC 4.16
Pada pertemuan ini dosen menyuruh membahas tugas rumah berupa makalah
yang telah di berikan pada pertemuan
yang ke -III kepada satu orang yang
telah di tunjuk oleh dosen pada masing-masing kelompok dalam kelas dan di bahas
pada teman kelompok diskusi dalam kelas, setelah itu pembahas memberikan soal
latihan kepada teman-teman kelompok dalam dalam kelas untuk mengetahui apakah
teman-teman kelompok tersebut memahami
apa yang telah di paparkan atau dibahas oleh pembahas dan setelah itu hasil
yang di kerjakan oleh teman kelompok diskusi dalam kelas tadi di periksa oleh
pembahas makalah tersebut dan dinilai oleh pembahas, setelah itu hasil yang di
periksa oleh pembahas diberikan kepada dosen dan kuliah pun berakhir.
CERITA KULIAH : PERTEMUAN KE-V
Hari/tanggal : Rabu, 11 januari 2012
Jam :
04.00
Tempat : GC 1.2
Pada pertemuan ini dosen memberikan memberikan materi tentang gas ideal.
Adapun yang dibahas oleh dosen yaitu pengertian gas ideal, ciri-ciri gas
ideal, dan proses dalam termodinamika. Dan adapun adapun proses termodinamika
adalah isobarik, isothermal, isokhorik, dan adibatik .setelah itu membahas
mengenai rumus-rumus dan penurunan rumus dari proses termodinamika dan dosen
bertanya kembali kepada mahasiswa apa
yang di bahasnya tadi dan dosen memberikan tugas dan kuliah pun berakhir.
ANALISIS REFERENSI:
Pertama-tama saya ucapkan terimah kasih kepada dosen yang telah
memberikan sumbangsih ilmu terhadap kami sehingga kita tahu apa yang kita tidak
tahu dan juga memberikan bimbingan moral ataupun moril dan dosen juga
memberikan materi mengenai termodinamika setelah itu dosen juga memberikan cara
penyusunan laporan dan makalah sehinnga kita dapat memahami cara penyusunan
makalah dan laporan.
Terkait dalam model pembelajaran dosen menerapkan model pembelajaran
diskusi, dalam diskusi ini mahasiswa dituntut untuk aktif dikarenakan dalam
diskusi kelompok ini mahasiswa saling membahas apa judul makalahnya
masing-masing kepada teman kelompoknya sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang hanya
menumpang nama saja dalam kelompok diskusi tersebut, metode semacam ini menurut
saya metode yang sangat bagus dan efektif.
Dalam perkuliahan dosennya jarang masuk tetapi Penyampaian materi dan
cara menerangkan kepada mahasiswa cukup bagus di karenakan penyampaiannya
sangat padat tetapi jelas, sehingga mahasiswa mudah memahami dan
mengerti,sehingga perkulihan tidak perlu masuknya terlalu sering dan juga kita
tidak tergantung kepada dosen untuk mendapat ilmu tetapi kita harus cari
sendiri maksudnya kita harus belajar mandiri untuk mencapai hasil yang
maksimal.
TUGAS termodinamika
Jurnal
Perkuliahan
OLEH :
NAMA : FADHOALINNAS
NIM :
10-241-075
KELAS :
III B
JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) MATARAM
2010
CERITA KULIAH PERTEMUAN KE-I
Hari /tanggal : senin, 24 oktober 2011
Jam : pukul 09.00
Tempat : GC 4.17
Pertemuan pertama ini mahasiswa maupun dosen saling memperkenalkan diri
dan setelah itu dosen memberikan tentang model pengajaran yaitu model pembelajaran project based learning with jigsaw yaitu pembelajaran diskusi
kelompok, dosen juga memberikan materi tentang pengantar yang berhubungan
dengan termodinamika, dimana dosen tidak memberikan lansung materi inti dari
termodinamika, guna untuk mempermudah atau dapat di pahami oleh mahasiswa dan
dosen memberikan umpan balik atau bertanya kembali kepada mahasiswa ,agar dosen
dapat mengetahui apakah mahasiswanya sudah mengerti apa yang telah dia bahas
tadinya
Pada pertemuan ini juga dosen memberikan judul-judul laporan kepada
mahasiswa
Adapun judul-judulnya yaitu
- kesetimbangan termal/hukum nol termodinamika suhu
dan temperatur
- gas ideal, monoatomik dan diatomik
- hukum I termodinamika
- siklus carnot
- hukum II termodinamika
- siklus mesin
setelah itu dosen menjelaskan secara singkat mengenai judul-judul laporan
yang dosen berikan tadi, setelah itu dosen memberikan tata cara menyusun
laporan. Adapun yang dijelaskan oleh dosen yaitu harus ada konsep,definisi,
prinsip,hukum dan teorinya.
Dan adapun kerangka penyusunan
laporan yaitu:
- rumusan –rumusan masalah
- rumusan tindakan
- melakukan observasi atau eksperiment
- hasil kerja proyek
- pengembangan atau kajian lanjutan
setelah itu dosen membagikan
kelompok laporan dan banyaknya kelompok sebanyak 6 kelompok sesuai dengan
banyaknya judul yang telah diberikan, dan banyaknya masing-masing kelompok
sebanyak 6 sampai 7 orang, setelah itu dosen pun mengakhiri perkuliahan.
CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE II
Hari/tanggal : Senin, 31 oktober 2011
Jam :09.00
Tempat :GC 4.16
Pada pertemuan ini mahasiswa disuruh untuk diskusi mengenai laporan yang
telah dibuat atau di susun oleh masing-masing kelompok dan diskusi luar kelas
dan dalam kelas berbeda, yang dimana diskusi luar kelas berpisah untuk mewakili
kelompok diskusi dalam kelas dan diskusi dalam kelas ini terdapat 6 judul
laporan, setelah itu kita membahas masing-masing laporan yang telah di buat
pada kelompok diskusi dalam kelas, guna untuk memahami atau mengetahui isi
laporan yang telah dibuat dari kelompok luar kelas yang lain.
Setelah melakukan diskusi ini kita
memberikan penilaian kepada teman diskusi.
Adapun prosedur yang di nilai yaitu:
- penguasaan materi
- metode observasi
- relation (observasi-konsep)
- kekayaan konsep
- penyampaian materi
- menjawab masalah
- membuat kesimpulan
- organisir kelompok
- kesalahan konsep
- terbuka
setelah memberikan penilaian, maka hasil penilaian kita terhadap teman
diskusi diberikan kepada dosen untuk di periksa oleh dosen lagi, dan perkuliahan pun di akhiri.
CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-III
Hari/tanggal : Senin,7 November 2011
Jam :
09.00
Tempat : GC 4.16
Pada pertemuan ini dosen menyampaikan materi suhu dan kalor, adapun
materi yang di sampaikan mengenai termometer dan dosen pun membahas macam-macam
termometer, skala termometer meliputi suhu terendah sampai suhu tertinggi dari
masing-masing termometer dan dosen juga membahas mengenai grafik kalor , grafik
suhu dan perubahan wujud suatu benda , setelah itu dosen memberikan tugas rumah
dan tugas yang dikumpulkan sekarang, yang dimana tugas rumah ini adalah membuat
makalah tentang kalor jenis , kalor laten dan kapasitas kalor ,tugas ini di
berikan kepada kelompok dalam kelas yang di wakili oleh satu orang dan setelah itu dosen mengakhiri perkuliahan.
CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-IV
Hari/tanggal : Senin,28 november 2011
Jam :
090.00
Tempat : GC 4.16
Pada pertemuan ini dosen menyuruh membahas tugas rumah berupa makalah
yang telah di berikan pada pertemuan
yang ke -III kepada satu orang yang
telah di tunjuk oleh dosen pada masing-masing kelompok dalam kelas dan di bahas
pada teman kelompok diskusi dalam kelas, setelah itu pembahas memberikan soal
latihan kepada teman-teman kelompok dalam dalam kelas untuk mengetahui apakah
teman-teman kelompok tersebut memahami
apa yang telah di paparkan atau dibahas oleh pembahas dan setelah itu hasil
yang di kerjakan oleh teman kelompok diskusi dalam kelas tadi di periksa oleh
pembahas makalah tersebut dan dinilai oleh pembahas, setelah itu hasil yang di
periksa oleh pembahas diberikan kepada dosen dan kuliah pun berakhir.
CERITA KULIAH : PERTEMUAN KE-V
Hari/tanggal : Rabu, 11 januari 2012
Jam :
04.00
Tempat : GC 1.2
Pada pertemuan ini dosen memberikan memberikan materi tentang gas ideal.
Adapun yang dibahas oleh dosen yaitu pengertian gas ideal, ciri-ciri gas
ideal, dan proses dalam termodinamika. Dan adapun adapun proses termodinamika
adalah isobarik, isothermal, isokhorik, dan adibatik .setelah itu membahas
mengenai rumus-rumus dan penurunan rumus dari proses termodinamika dan dosen
bertanya kembali kepada mahasiswa apa
yang di bahasnya tadi dan dosen memberikan tugas dan kuliah pun berakhir.
ANALISIS REFERENSI:
Pertama-tama saya ucapkan terimah kasih kepada dosen yang telah
memberikan sumbangsih ilmu terhadap kami sehingga kita tahu apa yang kita tidak
tahu dan juga memberikan bimbingan moral ataupun moril dan dosen juga
memberikan materi mengenai termodinamika setelah itu dosen juga memberikan cara
penyusunan laporan dan makalah sehinnga kita dapat memahami cara penyusunan
makalah dan laporan.
Terkait dalam model pembelajaran dosen menerapkan model pembelajaran
diskusi, dalam diskusi ini mahasiswa dituntut untuk aktif dikarenakan dalam
diskusi kelompok ini mahasiswa saling membahas apa judul makalahnya
masing-masing kepada teman kelompoknya sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang hanya
menumpang nama saja dalam kelompok diskusi tersebut, metode semacam ini menurut
saya metode yang sangat bagus dan efektif.
Dalam perkuliahan dosennya jarang masuk tetapi Penyampaian materi dan
cara menerangkan kepada mahasiswa cukup bagus di karenakan penyampaiannya
sangat padat tetapi jelas, sehingga mahasiswa mudah memahami dan
mengerti,sehingga perkulihan tidak perlu masuknya terlalu sering dan juga kita
tidak tergantung kepada dosen untuk mendapat ilmu tetapi kita harus cari
sendiri maksudnya kita harus belajar mandiri untuk mencapai hasil yang
maksimal.