Rabu, 09 Mei 2012

jurnal perkuliahan fadhoalinnas


TUGAS termodinamika

Jurnal Perkuliahan
OLEH :


NAMA                : FADHOALINNAS
NIM                     : 10-241-075
KELAS               : III B


JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA


FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (IKIP) MATARAM
 2010





CERITA KULIAH PERTEMUAN KE-I

Hari /tanggal   : senin, 24 oktober 2011
Jam                  : pukul 09.00
Tempat            : GC 4.17

Pertemuan pertama ini mahasiswa maupun dosen saling memperkenalkan diri dan setelah itu dosen memberikan tentang model pengajaran  yaitu model pembelajaran project based learning with jigsaw yaitu pembelajaran diskusi kelompok, dosen juga memberikan materi tentang pengantar yang berhubungan dengan termodinamika, dimana dosen tidak memberikan lansung materi inti dari termodinamika, guna untuk mempermudah atau dapat di pahami oleh mahasiswa dan dosen memberikan umpan balik atau bertanya kembali kepada mahasiswa ,agar dosen dapat mengetahui apakah mahasiswanya sudah mengerti apa yang telah dia bahas tadinya
Pada pertemuan ini juga dosen memberikan judul-judul laporan kepada mahasiswa
Adapun judul-judulnya yaitu
  1. kesetimbangan termal/hukum nol termodinamika suhu dan temperatur
  2. gas ideal, monoatomik dan diatomik
  3. hukum I termodinamika
  4. siklus carnot
  5. hukum II termodinamika
  6. siklus mesin
setelah itu dosen menjelaskan secara singkat mengenai judul-judul laporan yang dosen berikan tadi, setelah itu dosen memberikan tata cara menyusun laporan. Adapun yang dijelaskan oleh dosen yaitu harus ada konsep,definisi, prinsip,hukum dan teorinya.


 Dan adapun kerangka penyusunan laporan yaitu:
    • rumusan –rumusan masalah
    • rumusan tindakan
    • melakukan observasi atau eksperiment
    • hasil kerja proyek
    • pengembangan atau kajian lanjutan
 setelah itu dosen membagikan kelompok laporan dan banyaknya kelompok sebanyak 6 kelompok sesuai dengan banyaknya judul yang telah diberikan, dan banyaknya masing-masing kelompok sebanyak 6 sampai 7 orang, setelah itu dosen pun mengakhiri perkuliahan.


CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE II

Hari/tanggal    : Senin, 31 oktober 2011
Jam                  :09.00
Tempat            :GC 4.16
Pada pertemuan ini mahasiswa disuruh untuk diskusi mengenai laporan yang telah dibuat atau di susun oleh masing-masing kelompok dan diskusi luar kelas dan dalam kelas berbeda, yang dimana diskusi luar kelas berpisah untuk mewakili kelompok diskusi dalam kelas dan diskusi dalam kelas ini terdapat 6 judul laporan, setelah itu kita membahas masing-masing laporan yang telah di buat pada kelompok diskusi dalam kelas, guna untuk memahami atau mengetahui isi laporan yang telah dibuat dari kelompok luar kelas yang lain.
Setelah melakukan diskusi ini kita memberikan penilaian kepada teman diskusi.
Adapun prosedur yang di nilai yaitu:
  1. penguasaan materi
  2. metode observasi
  3. relation (observasi-konsep)
  4. kekayaan konsep
  5. penyampaian materi
  6. menjawab masalah
  7. membuat kesimpulan
  8. organisir kelompok
  9. kesalahan konsep
  10. terbuka
setelah memberikan penilaian, maka hasil penilaian kita terhadap teman diskusi diberikan kepada dosen untuk di periksa oleh dosen  lagi, dan perkuliahan pun di akhiri.

CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-III

Hari/tanggal    : Senin,7 November 2011
Jam                 : 09.00
Tempat            : GC 4.16

Pada pertemuan ini dosen menyampaikan materi suhu dan kalor, adapun materi yang di sampaikan mengenai termometer dan dosen pun membahas macam-macam termometer, skala termometer meliputi suhu terendah sampai suhu tertinggi dari masing-masing termometer dan dosen juga membahas mengenai grafik kalor , grafik suhu dan perubahan wujud suatu benda , setelah itu dosen memberikan tugas rumah dan tugas yang dikumpulkan sekarang, yang dimana tugas rumah ini adalah membuat makalah tentang kalor jenis , kalor laten dan kapasitas kalor ,tugas ini di berikan kepada kelompok dalam kelas yang di wakili oleh satu orang  dan setelah itu dosen mengakhiri perkuliahan.







CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-IV

            Hari/tanggal    : Senin,28 november 2011
            Jam                  : 090.00
            Tempat            : GC 4.16
Pada pertemuan ini dosen menyuruh membahas tugas rumah berupa makalah yang telah  di berikan pada pertemuan yang ke -III  kepada satu orang yang telah di tunjuk oleh dosen pada masing-masing kelompok dalam kelas dan di bahas pada teman kelompok diskusi dalam kelas, setelah itu pembahas memberikan soal latihan kepada teman-teman kelompok dalam dalam kelas untuk mengetahui apakah teman-teman kelompok  tersebut memahami apa yang telah di paparkan atau dibahas oleh pembahas dan setelah itu hasil yang di kerjakan oleh teman kelompok diskusi dalam kelas tadi di periksa oleh pembahas makalah tersebut dan dinilai oleh pembahas, setelah itu hasil yang di periksa oleh pembahas diberikan kepada dosen dan kuliah pun berakhir.

CERITA KULIAH : PERTEMUAN KE-V

            Hari/tanggal    : Rabu, 11 januari 2012          
            Jam                  : 04.00
            Tempat            : GC 1.2
Pada pertemuan ini dosen memberikan memberikan materi tentang gas ideal.
Adapun yang dibahas oleh dosen yaitu pengertian gas ideal, ciri-ciri gas ideal, dan proses dalam termodinamika. Dan adapun adapun proses termodinamika adalah isobarik, isothermal, isokhorik, dan adibatik .setelah itu membahas mengenai rumus-rumus dan penurunan rumus dari proses termodinamika dan dosen bertanya kembali kepada mahasiswa  apa yang di bahasnya tadi dan dosen memberikan tugas dan kuliah pun berakhir.


ANALISIS REFERENSI:

Pertama-tama saya ucapkan terimah kasih kepada dosen yang telah memberikan sumbangsih ilmu terhadap kami sehingga kita tahu apa yang kita tidak tahu dan juga memberikan bimbingan moral ataupun moril dan dosen juga memberikan materi mengenai termodinamika setelah itu dosen juga memberikan cara penyusunan laporan dan makalah sehinnga kita dapat memahami cara penyusunan makalah dan laporan.
Terkait dalam model pembelajaran dosen menerapkan model pembelajaran diskusi, dalam diskusi ini mahasiswa dituntut untuk aktif dikarenakan dalam diskusi kelompok ini mahasiswa saling membahas apa judul makalahnya masing-masing kepada teman kelompoknya sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang hanya menumpang nama saja dalam kelompok diskusi tersebut, metode semacam ini menurut saya metode yang sangat bagus dan efektif.
Dalam perkuliahan dosennya jarang masuk tetapi Penyampaian materi dan cara menerangkan kepada mahasiswa cukup bagus di karenakan penyampaiannya sangat padat tetapi jelas, sehingga mahasiswa mudah memahami dan mengerti,sehingga perkulihan tidak perlu masuknya terlalu sering dan juga kita tidak tergantung kepada dosen untuk mendapat ilmu tetapi kita harus cari sendiri maksudnya kita harus belajar mandiri untuk mencapai hasil yang maksimal.

           
 TUGAS termodinamika

Jurnal Perkuliahan
OLEH :


NAMA                : FADHOALINNAS
NIM                     : 10-241-075
KELAS               : III B


JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA


FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (IKIP) MATARAM
 2010





CERITA KULIAH PERTEMUAN KE-I

Hari /tanggal   : senin, 24 oktober 2011
Jam                  : pukul 09.00
Tempat            : GC 4.17

Pertemuan pertama ini mahasiswa maupun dosen saling memperkenalkan diri dan setelah itu dosen memberikan tentang model pengajaran  yaitu model pembelajaran project based learning with jigsaw yaitu pembelajaran diskusi kelompok, dosen juga memberikan materi tentang pengantar yang berhubungan dengan termodinamika, dimana dosen tidak memberikan lansung materi inti dari termodinamika, guna untuk mempermudah atau dapat di pahami oleh mahasiswa dan dosen memberikan umpan balik atau bertanya kembali kepada mahasiswa ,agar dosen dapat mengetahui apakah mahasiswanya sudah mengerti apa yang telah dia bahas tadinya
Pada pertemuan ini juga dosen memberikan judul-judul laporan kepada mahasiswa
Adapun judul-judulnya yaitu
  1. kesetimbangan termal/hukum nol termodinamika suhu dan temperatur
  2. gas ideal, monoatomik dan diatomik
  3. hukum I termodinamika
  4. siklus carnot
  5. hukum II termodinamika
  6. siklus mesin
setelah itu dosen menjelaskan secara singkat mengenai judul-judul laporan yang dosen berikan tadi, setelah itu dosen memberikan tata cara menyusun laporan. Adapun yang dijelaskan oleh dosen yaitu harus ada konsep,definisi, prinsip,hukum dan teorinya.


 Dan adapun kerangka penyusunan laporan yaitu:
    • rumusan –rumusan masalah
    • rumusan tindakan
    • melakukan observasi atau eksperiment
    • hasil kerja proyek
    • pengembangan atau kajian lanjutan
 setelah itu dosen membagikan kelompok laporan dan banyaknya kelompok sebanyak 6 kelompok sesuai dengan banyaknya judul yang telah diberikan, dan banyaknya masing-masing kelompok sebanyak 6 sampai 7 orang, setelah itu dosen pun mengakhiri perkuliahan.


CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE II

Hari/tanggal    : Senin, 31 oktober 2011
Jam                  :09.00
Tempat            :GC 4.16
Pada pertemuan ini mahasiswa disuruh untuk diskusi mengenai laporan yang telah dibuat atau di susun oleh masing-masing kelompok dan diskusi luar kelas dan dalam kelas berbeda, yang dimana diskusi luar kelas berpisah untuk mewakili kelompok diskusi dalam kelas dan diskusi dalam kelas ini terdapat 6 judul laporan, setelah itu kita membahas masing-masing laporan yang telah di buat pada kelompok diskusi dalam kelas, guna untuk memahami atau mengetahui isi laporan yang telah dibuat dari kelompok luar kelas yang lain.
Setelah melakukan diskusi ini kita memberikan penilaian kepada teman diskusi.
Adapun prosedur yang di nilai yaitu:
  1. penguasaan materi
  2. metode observasi
  3. relation (observasi-konsep)
  4. kekayaan konsep
  5. penyampaian materi
  6. menjawab masalah
  7. membuat kesimpulan
  8. organisir kelompok
  9. kesalahan konsep
  10. terbuka
setelah memberikan penilaian, maka hasil penilaian kita terhadap teman diskusi diberikan kepada dosen untuk di periksa oleh dosen  lagi, dan perkuliahan pun di akhiri.

CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-III

Hari/tanggal    : Senin,7 November 2011
Jam                 : 09.00
Tempat            : GC 4.16

Pada pertemuan ini dosen menyampaikan materi suhu dan kalor, adapun materi yang di sampaikan mengenai termometer dan dosen pun membahas macam-macam termometer, skala termometer meliputi suhu terendah sampai suhu tertinggi dari masing-masing termometer dan dosen juga membahas mengenai grafik kalor , grafik suhu dan perubahan wujud suatu benda , setelah itu dosen memberikan tugas rumah dan tugas yang dikumpulkan sekarang, yang dimana tugas rumah ini adalah membuat makalah tentang kalor jenis , kalor laten dan kapasitas kalor ,tugas ini di berikan kepada kelompok dalam kelas yang di wakili oleh satu orang  dan setelah itu dosen mengakhiri perkuliahan.







CERITA PERKULIAHAN : PERTEMUAN KE-IV

            Hari/tanggal    : Senin,28 november 2011
            Jam                  : 090.00
            Tempat            : GC 4.16
Pada pertemuan ini dosen menyuruh membahas tugas rumah berupa makalah yang telah  di berikan pada pertemuan yang ke -III  kepada satu orang yang telah di tunjuk oleh dosen pada masing-masing kelompok dalam kelas dan di bahas pada teman kelompok diskusi dalam kelas, setelah itu pembahas memberikan soal latihan kepada teman-teman kelompok dalam dalam kelas untuk mengetahui apakah teman-teman kelompok  tersebut memahami apa yang telah di paparkan atau dibahas oleh pembahas dan setelah itu hasil yang di kerjakan oleh teman kelompok diskusi dalam kelas tadi di periksa oleh pembahas makalah tersebut dan dinilai oleh pembahas, setelah itu hasil yang di periksa oleh pembahas diberikan kepada dosen dan kuliah pun berakhir.

CERITA KULIAH : PERTEMUAN KE-V

            Hari/tanggal    : Rabu, 11 januari 2012          
            Jam                  : 04.00
            Tempat            : GC 1.2
Pada pertemuan ini dosen memberikan memberikan materi tentang gas ideal.
Adapun yang dibahas oleh dosen yaitu pengertian gas ideal, ciri-ciri gas ideal, dan proses dalam termodinamika. Dan adapun adapun proses termodinamika adalah isobarik, isothermal, isokhorik, dan adibatik .setelah itu membahas mengenai rumus-rumus dan penurunan rumus dari proses termodinamika dan dosen bertanya kembali kepada mahasiswa  apa yang di bahasnya tadi dan dosen memberikan tugas dan kuliah pun berakhir.


ANALISIS REFERENSI:

Pertama-tama saya ucapkan terimah kasih kepada dosen yang telah memberikan sumbangsih ilmu terhadap kami sehingga kita tahu apa yang kita tidak tahu dan juga memberikan bimbingan moral ataupun moril dan dosen juga memberikan materi mengenai termodinamika setelah itu dosen juga memberikan cara penyusunan laporan dan makalah sehinnga kita dapat memahami cara penyusunan makalah dan laporan.
Terkait dalam model pembelajaran dosen menerapkan model pembelajaran diskusi, dalam diskusi ini mahasiswa dituntut untuk aktif dikarenakan dalam diskusi kelompok ini mahasiswa saling membahas apa judul makalahnya masing-masing kepada teman kelompoknya sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang hanya menumpang nama saja dalam kelompok diskusi tersebut, metode semacam ini menurut saya metode yang sangat bagus dan efektif.
Dalam perkuliahan dosennya jarang masuk tetapi Penyampaian materi dan cara menerangkan kepada mahasiswa cukup bagus di karenakan penyampaiannya sangat padat tetapi jelas, sehingga mahasiswa mudah memahami dan mengerti,sehingga perkulihan tidak perlu masuknya terlalu sering dan juga kita tidak tergantung kepada dosen untuk mendapat ilmu tetapi kita harus cari sendiri maksudnya kita harus belajar mandiri untuk mencapai hasil yang maksimal.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar